BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo mengikuti kegiatan Training of Trainer (ToT) in English untuk Instruktur Penyelenggara KSST (Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular) atau SSTC (South-South Triangular Cooperation) pada tanggal 26 September sampai dengan 7 Oktober 2017 di Santika Hotel, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kerja Sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, bekerja sama dengan Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (LBI FIB UI). Kegiatan diselenggarakan untuk mempersiapkan kemampuan mengajar dalam bahasa Inggris bagi instruktur pada instansi yang terlibat dalam KSST.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Kerja Sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Mohammad Syarif Alatas. Pada sambutannya, Mohammad Syarif Alatas menyampaikan bahwa kegiatan serupa telah dilaksanakan sejak tahun 2015 seiring perkembangan kerja sama pada berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah serta lembaga non-profit dan pihak swasta yang terlibat dalam KSST.

Fasilitator pelatihan berasal dari LBI FIB UI, yaitu Grace Josephine Tiwon dan Meutiati Anggraini Ranthy. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang berasal dari BPPTIK (Kementerian Kominfo); Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Konservasi Borobudur, Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan); Museum Konferensi Asia Afrika (Kementerian Luar Negeri); Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Ambon (Kementerian Kelautan dan Perikanan); Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang (Kementerian Pertanian); Sekolah Tinggi Multimedia (Kementerian Kominfo); UPT Balai Diklat Bahasa LAN; Kepemimpinan Aparatur Nasional LAN; P4S Cara Tani Pesawahan – Kuningan; serta Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini adalah mengenai cara melakukan presentasi dan mengajar dengan menggunakan Bahasa Inggris. Hasil praktik selama pelatihan dipresentasikan pada akhir pelatihan. Final Presentation diuji oleh tenaga pengajar dan juga native speaker Paula, dari Sidney, Australia.

Pelatihan ditutup oleh Direktur Kerja Sama Teknik Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Mohammad Syarif Alatas. (bpptik/fm/dpdw/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...