BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) mengikuti kegiatan Pelatihan Rancang Bangun Kurikulum pada tanggal 14 sampai dengan 16 Juni 2017 di Balai Pelatihan dan Riset Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPRTIK), Ciputat. Pelatihan Teknis ini diselenggarakan oleh Sekretariat Badan Litbang SDM Kominfo.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang SDM Kominfo, Sri Cahaya Khoironi. Dalam sambutannya, Sri Cahaya Khoironi mengungkapkan bahwa perkembangan TIK yang sangat pesat menuntut pemutakhiran kurikulum pelatihan di bidang TIK. Untuk pemutakhiran kurikulum tersebut, maka dibutuhkan peningkatan kompetensi pegawai Balitbang SDM dalam hal penyusunan kurikulum. Nantinya para peserta diproyeksikan akan menjadi tim penyusun kurikulum pelatihan di bidang TIK. Hal ini mengingat amanat dari LAN, di mana Balitbang SDM menjadi lembaga pengakreditasi Pelatihan Teknis TIK. Karena itu, kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting.

Fasilitator Pelatihan berasal dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Para peserta berasal dari BPPTIK Cikarang, Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta, BPRTIK Ciputat, Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi SDM Informatika, Pusat Penelitan dan Pengembangan Sumber Daya Perangkat Pos dan Penyelenggaraan Informatika, dan Pusat Penelitan dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik.

Materi yang dijelaskan adalah mengenai Pelatihan Berbasis Kompetensi, Pengembangan Program Pelatihan Kurikulum, Teknik Penyusunan Rancang Bangun Pembelajaran Mata Pelatihan (RBPMP) dan Rencana Pembelajaran Mata Pelatihan (RPMP). Selain itu fasilitator juga menugaskan peserta dengan diskusi, tugas membuat kurikulum, membuat RBMPM, serta membuat RPMP. Pada hari terakhir, peserta melakukan presentasi kepada evaluator dari LAN.

Pelatihan ditutup oleh Kepala Bagian Kepegawaian Sekretariat Balitbang SDM, Ahlan Muntarno. Pada kesempatan tersebut, Ahlan Muntarno menyampaikan bahwa output dari Pelatihan ini adalah menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi untuk menyusun kurikulum sesuai rencana Badan Litbang yang akan membentuk tim penyusun kurikulum pelatihan di bidang TIK.  (bpptik/lpa/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(Belum ada yang menilai)
Loading...