BPPTIK – BPPTIK Kementerian Kominfo mulai menyelenggarakan kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI pada tahun 2017 ini. Sertifikasi Kompetensi Gelombang ke-1 dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, pada hari Selasa (25/4/2017) di ruang Auditorium BPPTIK.

Pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Direktur Politik dan Komunikasi Bappenas, Wariki Sutikno; Kepala BPPTIK, Nusirwan; Direktur LSP Telematika, Victor Terinathe; serta para asesor kompetensi bidang TIK. Kegiatan Gelombang ke-1 sendiri diselenggarakan selama 3 hari pada tanggal 25 s.d 27 April 2017 di BPPTIK.

Dalam kesempatan sambutan, Wariki Sutikno menyatakan bahwa saat ini kompetisi dalam pasar internasional, regional, bahkan nasional, sudah sangat bebas dan ketat. Sehingga para pekerja atau orang-orang yang berada di usia produktif diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka.

Sementara itu Basuki Yusuf Iskandar menegaskan bahwa pelaksanaan program sertifikasi kompetensi ini dilatarbelakangi oleh 2 hal, yakni sertifikasi sebagai standar ukuran terhadap kompetensi pekerja di sektor tertentu dalam dunia kerja, serta sertifikasi sebagai jembatan untuk mengatasi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Skema Sertifikasi yang dibuka pada gelombang ke-1 ini yaitu: Junior Technical Support, Junior Web Programmer, Junior Programmer, Network Technician, Junior Office Operator, Junior Digital Artist. Peserta Sertifikasi sebanyak 210 orang yang terbagi ke dalam 7 kelas/lab.

Rencananya pada tahun 2017 ini BPPTIK akan menyelenggarakan Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Bidang TIK Berbasis SKKNI dalam 9 gelombang dengan target total peserta sebanyak 1700 orang. Jadwal setiap gelombang dapat dilihat pada website BPPTIK di menu “Sertifikasi”. (bpptik/ars/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: