BPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) berpartisipasi dalam kegiatan Research Idea Gathering yang dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Balitbang SDM Kemkominfo) pada tanggal 23-25 Februari 2017 di Garut. Acara yang bertema “Explore Yourself, Be a Smart and Fun Researcher” ini disertai pula dengan kompetisi Idea Concept Paper (ICP) antar peneliti Balitbang yang bertujuan untuk menggali ide-ide segar untuk penelitian Badan Litbang di masa depan.

Dari 76 ICP yang dikompetisikan, 2 perwakilan BPPTIK lolos seleksi dan terpilih dalam 10 ICP terbaik Balitbang SDM Kemkominfo. Selanjutnya dari 10 ICP tersebut, diseleksi lagi dan dipresentasikan secara langsung kepada seluruh peserta kegiatan untuk mendapatkan 3 ICP terbaik. Salah seorang perwakilan Peneliti BPPTIK, Maulia Jayantina Islami, dengan ICP berjudul “Penerapan Business Intelligence untuk Usaha Mikro Kecil Menengah”, memperoleh juara kedua dalam kompetisi ICP ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar, dan dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang, para Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Balitbang SDM, Kepala BPPTIK, Kepala BBPPKI, dan Kepala BPPKI Kemkominfo dari seluruh Indonesia, serta para peneliti Balitbang SDM Kemkominfo.

Pada sambutannya, Kepala Balitbang SDM Kemkominfo, Basuki Yusuf Iskandar menyatakan bahwa para peneliti dan seluruh pegawai Balitbang SDM harus memahami dan menerapkan semangat revolusi mental untuk membangun Badan Litbang SDM agar dapat menjadi institusi riset yang forward looking, terdepan dalam bidang upcoming technology, memahami implikasi perkembangan teknologi terhadap perekonomian nasional dan perilaku sosial masyarakat, menjadi ujung tombak studi penyusunan regulasi sehingga dapat menjadi think-tank Kementerian Kominfo. Sementara itu, budaya SDM juga harus dibangun dengan baik sehingga perlu dilakukan perencanaan aksi implementasi untuk mewujudkan penerapan revolusi mental dan harapan Menteri tersebut di lingkungan Badan Litbang SDM.

Kegiatan Research Idea Gathering ini adalah acara tahunan Balitbang SDM Kemkominfo yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menggali berbagai ide-ide baru dari para peneliti dan calon peneliti di lingkungan Badan Litbang SDM dalam menyusun langkah-langkah menuju budaya riset yang produktif dan inovatif serta menuju sinergitas antar peneliti di lingkungan Badan Litbang SDM.

Turut hadir pula dalam acara ini sebagai narasumber yakni Widyaiswara Suprawoto, Staf Ahli Menteri Kemkominfo bidang Hukum, Henry Subiakto, Ibu Woro Indah Widiastuti, dan perwakilan dari LIPI. (bpptik/andry/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: ,