3

Oleh: Andry Rivan Sumara, MSi.
Calon Peneliti BPPTIK

BPPTIK – Menurut laporan agensi marketing We are Social yang dikutip techinasia.com, pada awal tahun 2016 Blackberry Messanger (BBM) dan Facebook menjadi sosial platform teraktif di Indonesia. Sebanyak 79 juta dari 88 juta pengguna internet menggunakan Facebook sebagai social platform-nya. Selanjutnya, pada awal tahun 2016, BBM masih menjadi aplikasi teratas yang diunduh melalui Playstore, namun September 2016 kondisi itu telah berubah. Posisi BBM sebagai salah satu top social platform telah digantikan dengan aplikasi WhatsApp. WhatsApp dan Facebook menjadi social platform terpopuler bagi masyarakat pengguna internet Indonesia per September 2016.

Selanjutnya dalam laporan tersebut dijelaskan pula bahwa pengguna Facebook di Indonesia adalah yang terbesar di kawasan Asia Tenggara yakni sebanyak 79 juta, diikuti oleh negara Filipina dengan pengguna Facebook sebanyak 59 juta dan Thailand serta Vietnam yang masing-masing di kisaran 40 juta.

Terkait demografi pengguna Facebook, ternyata We Are Social melaporkan hasil yang cukup mengejutkan. Dalam laporan tersebut, pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh kaum pria yang berusia 18-24 tahun dan jika dihitung secara total pengguna Facebook di Indonesia yang didasari perbedaan gender maka didapat sebanyak 59% berasal dari kaum pria dan sisanya dari wanita.

4

Jika data tersebut jika dibandingkan dengan negara Filipina maka rasio pengguna Facebook berdasarkan gender antara Indonesia dan Filipina akan sangat berbeda. Rasio pengguna Facebook di Filipina berdasarkan gender tidak terlalu jauh yakni pria sebanyak 52% dan wanita 48%. Dan jika dihitung rasio per kategori usia pengguna Facebook, pengguna Facebook antara pria dan wanita di Filipina pun tidak jauh berbeda. Lalu apakah ini pertanda bahwa para pria termasuk yang gemar ‘mangkal’ di Facebook ? Bagaimana menurut Anda? (BPPTIK/ars/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 3,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: