3D Printer

(Sumber gambar : http://www.staples.com/sbd/cre/marketing/what-is-3d-printing/images/section_1.png)

Oleh: Dea Rachman, MSc.
Kepala Subbag TU BPPTIK Kementerian Kominfo

BPPTIK – Awal teknologi cetak 3D pertama mulai terlihat di akhir 1980-an, saat itu disebut dengan teknologi Rapid Prototyping (RP). Disebut demikian, karena proses awalnya dipahami sebagai metode yang lebih efisien dalam hal biaya dan waktu, untuk menciptakan prototipe dalam pengembangan produk di dunia industri. Aplikasi paten pertama untuk teknologi RP diajukan oleh Dr. Kodama, di Jepang, pada Mei 1980. Sayangnya untuk Dr. Kodama, spesifikasi paten penuh kemudian tidak diajukan sebelum batas waktu satu tahun setelah aplikasi, terutama mengingat dia adalah seorang pengacara paten. Secara riil, namun, asal-usul cetak 3D dapat ditelusuri kembali ke 1986, ketika paten pertama dikeluarkan untuk aparat stereolithography (SLA). Paten ini milik salah satu Charles (Chuck) Hull, yang pertama kali menciptakan mesin SLA di 1983. Hull melanjutkannya bersama 3D Systems Corporation – salah satu organisasi terbesar dan paling produktif yang beroperasi di sektor pencetakan 3D saat ini.

Sistem 3D sistem RP komersial pertama, SLA-1, diperkenalkan pada tahun 1987, kemudian dijual pada tahun 1988. Mereka bukan satu-satunya teknologi RP dalam pembangunan saat itu. Pada tahun 1987, Carl Deckard, yang bekerja di University of Texas, mengajukan paten di AS untuk proses RP Selective Laser sintering (SLS). Paten ini dikeluarkan pada tahun 1989, dan SLS kemudian dilisensi untuk DTM Inc, yang kemudian diakuisisi oleh Sistem 3D. Tahun 1989 juga merupakan tahun bagi Scott Crump, co-founder dari Stratasys Inc, di mana mereka mengajukan paten untuk Fused Deposition Modelling (FDM) – teknologi proprietary yang masih dipegang oleh perusahaan saat ini, tetapi juga proses yang digunakan oleh banyak mesin entry-level, berdasarkan model RepRap open source yang masih produktif hari ini. Paten FDM dikeluarkan untuk Stratasys pada tahun 1992. Di Eropa, pada tahun 1989, terbentuk EOS GmbH di Jerman, dan didirikan oleh Hans Langer. Sistem EOS diakui di seluruh dunia untuk kualitas output mereka untuk prototipe dan produksi aplikasi industri percetakan 3D. EOS ‘Stereo’ dijual pertama di tahun 1990 dengan metode Direct Metal Laser Sintering (DML).

Sepanjang tahun 1990-an dan awal 2000-an, sejumlah teknologi baru terus diperkenalkan, masih fokus sepenuhnya pada aplikasi industri dan sementara sebagian besar masih memproses untuk aplikasi prototyping, penelitian dan pengembangan juga terus dilakukan oleh penyedia teknologi yang lebih canggih untuk pengembangan tools tertentu, casting, serta pembuatan aplikatif langsung. Dengan cepat muncul istilah baru seperti Rapid Tooling (RT), Rapid Casting dan Rapid Manufacturing (RM).

Dalam hal komersialisasi, Sanders Prototype (sekarang Solidscape) dan ZCorporation didirikan pada tahun 1996, Arcam didirikan pada tahun 1997, Geometri Object diluncurkan pada tahun 1998, MCP Technologies memperkenalkan teknologi SLM pada tahun 2000, Envisiontec didirikan pada tahun 2002, ExOne didirikan pada tahun 2005 sebagai spin-off dari Extrude Hone Corporation, dan Sciaky Inc merintis proses aditif sendiri berbasis pada teknologi pengelasan berkas elektron proprietary. Perusahaan-perusahaan ini semua dijalankan oleh raksasa-raksasa teknologi yang beroperasi di pasar global. Berkembanglah metode baru seperti Additive Manufacturing (AM). Khususnya, ada banyak perkembangan paralel yang terjadi di belahan bumi Timur. Namun, teknologi ini tidak benar-benar mempengaruhi pasar global pada saat itu.

3D printer yang saat ini dipandang berada di mid range – perang harga muncul bersama-sama dengan perbaikan inkremental dalam hal akurasi cetak, kecepatan dan bahan.

Ke depannya persaingan produsen 3D printer akan semakin bergairah pada sektor prototyping maupun industri kreativitas di mana persaingan harga perangkat serta bahan mentah yang semakin murah dan dapat dikategorikan sebagai hardware konsumsi rumah tangga. (bpptik/dr/lpa/hdn)

(Referensi tulisan: https://3dprintingindustry.com/3d-printing-basics-free-beginners-guide/history/, tanggal akses 01/9/2016)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...
 

Tags: