Temu Ilmiah Peneliti 5 Agustus 2016

BPPTIK – Peserta dari Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Cikarang meraih juara ke-2 Kompetisi Karya Ilmiah dalam kegiatan Temu Ilmiah Nasional Peneliti 2016 tanggal 27 Juli 2016 yang lalu, di Kab Bogor. Prestasi ini sekaligus mewakili Kementerian Kominfo dalam kegiatan ilmiah tersebut, karena juara ke-1 dan juara ke-3 diraih oleh peserta dari luar Kementerian Kominfo.

Secara lengkap, Pemenang kompetisi KTI Temu Ilmiah Peneliti 2016 adalah sebagai berikut: Pemenang Karya Tulis Ilmiah Terbaik I, Ridwan Pandiya dari ST3 Telkom, Purwokerto; Pemenang Karya Tulis Ilmiah Terbaik II, Andry Rivan Sumara dari BPPTIK, Badan Litbang SDM Kominfo; dan Pemenang Karya Tulis Ilmiah Terbaik III, Yul Pendri dari SD 47, Kota Jambi.

Penilaian pada kompetisi KTI dilakukan dua tahap yakni tahap penilaian secara tertulis dan selanjutnya tahap II adalah tahap presentasi. Setidaknya terdapat 68 karya ilmiah yang masuk ke panitia dan selanjutnya terseleksi 30 KTI untuk dipresentasikan kepada tim penilai. Tim Penilai terdiri dari Prof. Dr. Ing. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng, Dr. Riant Nugroho, Prof. Dr. Gati Gayatri, MA, Dr. Onno W Purbo, Dr. Ashwin Sasongko, M.Sc, Dr. Irwansyah, MA, dan Shauqie Azar, SE, MPP.

Acara Temu Ilmiah Nasional Peneliti 2016 ini adalah acara yang diadakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Puslitbang Aptika IKP. Acara ini bertema “Pengembangan Inovasi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia” dan diselenggarakan di Ballroom Aston Bogor pada tanggal 27-29 Juli 2016.

Setidaknya 200 orang peserta yang terdiri dari para pejabat eselon II, III dan IV di lingkungan Kementerian Kominfo, peneliti dan calon peneliti Kementerian Kominfo, peneliti dari Kementerian lain, praktisi, akademisi serta berbagai undangan dari kalangan umum hadir untuk berdiskusi tentang tema yang diusung.

Kepala Puslitbang Aptika dan IKP, Wiryanta, menyatakan tujuan dari acara ini adalah menumbuhkan kompetensi di kalangan peneliti, memberikan motivasi dan pengetahuan terbaru serta sebagai ajang kompetisi karya tulis bagi para peneliti.

Dalam temu ilmiah ini diselenggarakan pula Seminar Nasional dengan Tema Pengembangan Inovasi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia”, dengan Keynote Speaker oleh Kepala Badan Litbang SDM, Basuki Yusuf Iskandar.

Dalam seminar tersebut, Basuki Yusuf Iskandar menyampaikan beberapa hal, antara lain arus perkembangan digital ekonomi, e-commerce dan peran regulator dalam menyikapi hal ini.

Selain itu, diselenggarakan pula berbagai seminar yang mengusung tema “Analisa Peluang Indonesia dalam Era Ekonomi Digital, dari Aspek Infrastruktur, Teknologi, SDM, dan Regulasi”

Serta “Pengembangan Inovasi Model Bisnis di Era Digital”. Acara ini semakin meriah karena terdapat side event yakni Pameran Produk Badan Litbang SDM Kemkominfo yang diisi oleh satuan kerja dan perwakilan balai/ UPT balitbang SDM. (bpptik/ars/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...