Citizen Journalism

BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Kominfo pada hari Kamis (21/4/2016) menyelenggarakan seminar bertema “Citizen Journalism” di ruang Auditorium BPPTIK. Seminar ini diikuti oleh 172 orang peserta dari kalangan pelajar SMK yang didampingi oleh beberapa orang guru.

Seminar diisi oleh nara sumber Andry Rivan Sumara yang merupakan Staff Bagian Program dan Kerjasama BPPTIK sekaligus tenaga ahli di bidang komunikasi. Seminar sehari tersebut dimoderatori oleh Fourida Masruroh, Pranata Komputer di BPPTIK, dan dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Tata Usaha BPPTIK Dea Rachman yang mewakili Kepala BPPTIK.

Dalam materinya, Andry memberikan materi tentang dasar-dasar pembuatan berita sampai publikasinya ke ranah publik dan menyampaikan bahwa masyarakat dapat berperan aktif dalam menyampaikan berita (citizen journalism) dari berbagai macam situasi yang terjadi untuk dipublikasikan secara luas, salah satunya melalui media sosial. Narasumber juga mengajak beberapa siswa untuk mempraktikkan cara-cara menyampaikan berita di depan kamera.

Selain itu, nara sumber yang merupakan lulusan Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi ini, juga menampilkan contoh-contoh video tentang citizen journalism yang dapat berujung pada peningkatan profit bagi creator-nya, dengan tujuan untuk memotivasi peserta tentang peluang bisnis yang sangat besar diawali dengan pembuatan berita. (bpptik/dpdw/lpa/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...