BPPTIK – Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi (BPPTIK) Cikarang yang berada di bawah Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menerima kunjungan dari perwakilan delegasi anggota kongres negara Korea Selatan, Jumat (31/7/2015).

Kunjungan ini merupakan lanjutan rangkaian dari kunjungan anggota kongres Korea Selatan di Indonesia yang bertujuan untuk melihat kinerja Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan Official Development Assistance (ODA) Project Area. Delegasi kongres Korea Selatan diwakili oleh Shim Jae Kwon, Kim Hyun, dan Kim Hwa-Joong. Sedangkan Delegasi KOICA Office di Indonesia dihadiri oleh Resident Representative Kim Byung Gwan beserta tim. BPPTIK sendiri merupakan salah satu penerima hibah Pemerintah Korea Selatan dalam bentuk Official Development Assistance (ODA) kepada pemerintah Indonesia yang dibangun sejak 2007.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Litbang SDM Kemkominfo, Basuki Yusuf Iskandar. Dalam sambutannya, Basuki menyatakan bahwa sejak tahun 2009 BPPTIK Cikarang telah menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi angkatan kerja muda. Sedangkan pada tahun 2015 ini BPPTIK Cikarang ditargetkan untuk melatih dan menyertifikasi 2070 orang dan meningkat menjadi 2750 pada tahun 2016. Perwakilan Kongres Korea Selatan Shin Jae Kwon dan Kim Hyun memberikan sambutan singkat mengenai harapan mereka tentang keberlanjutan kerja sama dalam memajukan Sumber Daya Manusia terutama di bidang TIK.

Dalam acara ini pula, kepala BPPTIK, Nusirwan, dan Perwakilan Project Management Consultan (PMC) Korea Selatan, Lim Ji Ho memberikan presentasi. Nusirwan menyampaikan tentang progres pelaksanaan program BPPTIK Cikarang tahun 2015 serta rencana BPPTIK di masa depan. Sedangkan Lim Ji Ho menyampaikan tentang pelaksanaan proyek IT Capacity Building for Local and Central Government yang merupakan hibah dari Korea Selatan melalui KOICA. Proyek ini ditargetkan untuk melatih sebanyak 1500 aparatur pemerintah pusat dan daerah selama tahun 2015 dan 2016.

Pada akhir kegiatan perwakilan anggota delegasi kongres Korea Selatan didampingi oleh pejabat BPPTIK dan Balitbang SDM Kemkominfo mengunjungi fasilitas dan kegiatan BPPTIK Cikarang.

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(2 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 2,50, dari nilai maksimal 4)
Loading...