IMG_0036 compressedBPPTIK – BPPTIK menyelenggarakan workshop pengembangan silabus kurikulum pelatihan, Senin (11/05/2015), di ruang rapat BPPTIK. Workshop ini mengundang Indriyatno Banyumurti dan Hadi Susilo dari Chelonind System, serta Udi Rusadi, peneliti dari Pusat Litbang Literasi dan Profesi Kementerian Kominfo sebagai nara sumber. Yang bertindak selaku moderator adalah Kepala Seksi Penyelenggaraan BPPTIK, Hendratno, yang mewakili Kepala BPPTIK. Workshop juga diikuti oleh tim penyusun kurikulum dan modul Pelatihan BPPTIK.

Workshop ini difokuskan pada penyusunan kurikulum dan modul pelatihan Professional Office. Pada sesi pertama, Indriyatno menyampaikan mengenai progress penyusunan modul Professional Office. Indriyatno mengatakan bahwa saat ini modul sedang dalam proses penyusunan, dengan revisi penambahan materi  seperti mail merge, template, dan reference. Selain itu, akan ditambahkan juga materi mengenai penggunaan printer, scanner, browser, e-mail client, dan antivirus.

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan dari Udi Rusadi. Udi Rusadi mengatakan bahwa muatan modul yang berbasis kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI), juga perlu disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini. Modul yang akan disusun tersebut juga perlu diperjelas untuk siapa modul tersebut disusun, apakah untuk angkatan kerja muda, atau pengguna dengan aktivitas yang scientific, sehingga isi modul dapat disesuaikan. Selain itu, dapat juga ditambahkan pengetahuan umum mengenai teknologi terbaru, keamanan informasi, dan referensi pada modul, dengan tetap mengacu kepada SKKNI.

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian pertanyaan dan pendapat dari seluruh peserta. Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain mengenai alokasi waktu materi pelatihan pada modul, software pendukung pihak ketiga untuk materi scanner, kesesuaian bahasa/istilah, persentase materi, plug-in browser, dan HTML5. Indriyatno Banyumurti kemudian menanggapi bahwa akan dilakukan perbaikan dan revisi kembali sesuai dengan masukan dan saran dari peserta workshop. (LPA/rie/hdn)

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(1 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 4,00, dari nilai maksimal 4)
Loading...