http://www.nawala.id/wp-content/themes/nawala-theme/img/logo.png

http://www.nawala.id/wp-content/themes/nawala-theme/img/logo.png

Sistem Penamaan Domain atau lebih dikenal dengan istilah Domain Name System (DNS) merupakan sebuah sistem yang menyimpan nama domain dalam sebuah basis data yang tersebar (distributed database) didalam jaringan komputer seperti internet. DNS memberikan layanan aplikasi untuk menterjemahkan sebuah domain ke IP address. Pengertian DNS menurut browser Google Chrome adalah layanan jaringan internet yang menterjemahkan nama situs web menjadi alamat internet, sebagai contoh situs nama domain www.google.com diterjemahkan kedalam alamat IP 74.125.93.105. DNS ini memberikan keuntungan bagi pengguna yaitu memudahkan pengguna karena tidak perlu mengingat alamat IP sebuah komputer dan cukup mengingat nama domain. DNS lebih konsisten karena nama domain tidak boleh berubah meskipun alamat IP komputer berubah-ubah.

Di Indonesia terdapat nama DNS yang bisa digunakan dengan bebas tanpa biaya yaitu DNS Nawala. DNS Nawala berdasarkan www.nawala.org adalah layanan DNS yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. Munculnya DNS Nawala ini dilatarbelakangi oleh banyaknya situs-situs negative yang bisa merusak moral bangsa seperti situs pornografi dan perjudian. Tidak hanya itu DNS Nawala juga berkembang untuk menyaring situs-situs yang berbahaya dan melanggar peraturan perundang-undangan seperti situs penipuan, malware, dan phising. Secara langsung DNS Nawala ini mendukung program pemerintah dalam menggalakkan program penggunaan internet sehat dan aman.

Dalam mendukung penggunaan Nawala ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan nawala dalam berinternet, memberikan masukan kepada nawala mengenai situs-situs negative yang harus disaring, ikut menyebarkan penggunaan nawala, dan memberikan dana untuk layanan nawala. DNS Nawala dapat digunakan untuk aplikasi pada squid proxy, konfigurasi pada BIND, dan nokia Symbian S60. Selain itu DNS Nawala dapat digunakan pada router mikrotik, PC/ Laptop dengan sistem operasi Ubuntu, Windows, dan Mac OS. Pada tulisan ini hanya akan ditampilkan petunjuk penggunaan DNS Nawala pada windows, jika ingin mengetahui petunjuk penggunaan DNS yang lain dapat dilihat di http://www.nawala.id/category/panduan. Langkah-langkah penggunaan Nawala untuk aplikasi windows :

  1. Download DNSCrypt di http://www.nawala.id/category/panduan/aplikasi.
  2. Kemudian ubah nama dnscrypt.anu menjadi dnscrypt.zip, kemudian masuk ke dalam folder bin dan jalankan file dnscrypt.bat.
  3. Kemudian cari pengaturan DNS pada koneksi yang anda gunakan di PC/Laptop dan ubah setting Preferred DNS menjadi 127.0.0.1

Setelah selesai melakukan setting DNSCrypt kemudian periksa apakah DNS bisa bekerja dengan baik. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Masukkan ke command promt (dos prompt)
  2. Jalankan perintah :

>nslookup playboy.com 127.0.0.1

Bandingkan dengan

>nslookup playboy.com 8.8.8.8

  1. Atau jalankan perintah untuk menampilkan query ke DNS yang telah disetting di PC/laptop : >nslookup playboy.com (bpptik/rie/nika)

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

http://www.nawala.org/

http://www.teknologi-informasi.net/2012/01/macam-macam-dns-server.html

Survei

Apakah informasi pada konten ini sesuai dengan tujuan website BPPTIK?
Sangat Tidak SesuaiTidak SesuaiSesuaiSangat Sesuai
(3 orang telah menilai. Nilai rata-rata: 2,67, dari nilai maksimal 4)
Loading...